Kamis, 22 Desember 2011

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran

Mata Pelajaran            : Biologi
Kelas / Semester          : XII  / 1
Pertemuan Ke-            : 1
Alokasi Waktu            : 2 x 45 menit
Standar Kompetensi   : 1. Melakukan Percobaan Pertumbuhan dan Perkembangan
                                          Pada Tumbuhan

Kompetensi Dasar       : 1.1. Merencanakan Percobaan Pengaruh Faktor Luar
                                             Terhadap Pertumbuhan Tumbuhan.      
Indukator                    : 1.1.1. Menjelaskan pengertian pertumbuhan dan
                                                Perkembangan
1.1.2.      Membedakan pertumbuhan dan perkembangan
1.1.3.      Mengidentifikasi tahap-tahap pertumbuhan pada tumbuhan..
II.                Tujuan Pembelajaran
Setelah mempelajari pertumbuhan dan perkembangan, peserta didik dapat :
1.        Menjelaskan pengertian pertumbuhan dan perkembangan pada tumbuhan.
2.        Menjelaskan perbedaan  pertumbuhan dan perkembangan
3.        Mengidentifikasi tahap-tahap pertumbuhan pada tumbuhan
III.             Materi Ajar
Pertumbuhan dan perkembangan.
IV.             Metode Pembelajaran
1.      Informasi / Ceramah
2.      Demonstrasi
3.      Diskusi
4.      Tanya jawab
V.                Langkah-Langkah Pembelajaran
1.      Kegiatan Awal (Eksplorasi)
·           Guru mengajak siswa mengingat sekilas materi pembelajaran yang lalu.
·           Guru memberi motivasi belajar kepada siswa.
·           Guru menjelaskan tujuan pembelajaran
2.      Kegiatan Inti (Elaborasi)
·           Guru mendemonstrasikan pengertian pertumbuhan  dan perkembangan  dengan bantuan slide-slide.
·           Guru meminta siswa memberi contoh pertumbuhan dan perkembangan.
·           Guru meminta siswa membedakan pertumbuhan dan perkembangan .
·           Guru membimbing siswa yang kesulitan dalam memahami pertumbuhan dan perkembangan.
·           Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk menanyakan hal-hal yang kurang jelas.
3.      Kegiatan Akhir (Konfirmasi)
·           Guru membimbing siswa menyimpulkan pelajaran
·           Guru memberi kata-kata pujian kepada siswa atas keaktifan dan kesungguhannya mengikuti proses belajar mengajar.
·           Guru mengakhiri kegiatan pembelajaran dengan memberi tugas kepada siswa.
VI.             Alat/Bahan/Sumber Belajar
Alat      :Laptop, multimedia.
Bahan    : LKS, buku paket                     
VII.          Penilaian
·         Alat penilaian ; Test Essay berstruktur
1.      Jelaskan pengertian pertumbuhan dan Perkembangan
2.      Jelaskan perbedaaan pertumbuhan dan perkembangan
3.      Jelaskan  tahap-tahap pertumbuhan pada tumbuhan..
1.      Kinerja / Perbuatan
v  Sikap, tingkah laku dan perbuatan siswa, minat belajar, keaktifan dalam bertanya dan menjawab pertanyaan, serta keaktifan siswa dalam proses belajar mengajar.
2.      Penugasan / Proyek
v  Guru memeriksa dan mengecek apakah tugas yang diberikan kepada siswa dapat terselesaikan dengan baik atau tidak.

    Mengetahui,                                                              Tapung ,   Nov 2011         
  Kepala Sekolah                                                         Guru Bidang Study Biologi


   Drs. DAMHURI                                                           SARPIATI.S.Pd

1 komentar:

  1. ASS...bu, tugas perancangan media pembelajaran saya bu, tapi gambar tetap tak mau muncul bu, gimana ya bu

    BalasHapus